Selasa, 12 Maret 2013

Berbagai sistem dalam tubuh

Anatomi sistematik atau pembagian tubuh dalam sistem-sistem disusun berdasarkan fungsinya dan berdasarkan ilmu yang mempelajari bagian-bagian tubuh tertentu. ilmu yang mempelajari tubuh manusia di bagi menjadi 5 :
  1. Osteologi = ilmu tentang tulang
  2. Artrologi = ilmu tentang sendi
  3. Miologi = ilmu tentang otot
  4. Splankologi = ilmu tentang organ atau visera (alat dalam)
  5. Neurologi = ilmu tentang saraf dan struktur saraf
Gambar tubuh manusia :
 
Bila dikelompokkan menurut fungsi, susunan umumnya sebagai berikut :

Sistem Lokomotorik. Ini mencakup bagian-bagian yang bersangkutan dengan gerak tubuh. Sitem kerangka mencakup tulang-tulang, tulang rawan, dan membran tertentu. Sistem artikulatorik berkenaan dengan sendi; sistem otot-otot mencakup otot, fasia, dan tendon

Sistem pembulu darah mencakup sistem sirkulasi dan sistem saluran limfe. Darah merupakan sistem transpor yang utama. Darah dipompa mengitari tubuh oleh jantung, oksigen dibawa dari paru-paru, dan karbon dioksida dikumpulkan dari jaringan. Makanan disalurkan melalui hati dan kemudian masuk sirkulasi umum. Produk yang tidak diperlukan disalurkan ke ginjal.

Sistem pencernaan terdiri atas saluran pencernaan beserta kelenjar dan organnya. Makanan dipecah enzim dalam saluran pencernaan, diangkut darah ke hati, dan akhirnya disalurkan ke jaringan.

Sistem pernapasan terdiri atas saluran dan organ yang berhubungan dengan pernapasan. Oksigen dari udara diambil dan dimaksukan ke darah, kemudian diangkut ke jaringan.  Produk yang tidak perlu, karbon dioksida (CO2), diangkut darah dari jaringan tubuh ke paru-paru dan dinapaskan ke udara.

Kelenjar buntu dikelompokkan bersama karena sekresi yang dihasilkan disalurkan langsung ke darah atau organ pemakai. Adakalanya limfe dimasukkan dalam kelompok ini, sebaba limfe juga tidak mempunyai saluran. Setahu kita kelenjar ini tidak menghasilkan sekresi, tetapi berkaitan dengan pembentukan sel darah merah.

Sistem urogenital mencakup organ sistem urinari dan sistem reproduksi. hasil buangan tubuh, kecuali karbon dioksida, diekskresikan ginjal

Sistem saraf terdiri atas susunan saraf pusat, yang mencakup otak dan sumsum tulang belakang. Sistem saraf periferi atas susunan saraf tepi terdiri atas urat-urat saraf yang berasal dari otak dan sumsusm tulang belakang , serta sistem saraf otonom. Sistem pusat dan periferi sering dikelompokkan bersama dan dilukiskan sebagai sistem saraf serebrospinal. Sistem saraf otonom mencakup saraf simpatik dan parasimpatik.

Pancaindra mencakup perasaan, penciuman, penglihatan, perndengaran, dan perabaan. 
Melalui organ-organ ini individu dapat berjaga-jaga terhadap kekuatan luar dan dengan demikian dapat melindungi dirinya sendiri. Seekor anak ayam yang sadar akan bunyi lalu lintas akan lari atau terbang menyelamatkan diri.

Sistem ekskretorik adalah istilah yang adakalanya dipakai untuk melukiskan secara kolektif organ yang berkenaan dengan ekspirasi produk buangan tubuh. Organ-organ ini mencakup sistem urinari, paru-paru yang berfungsi mengurangi karbon dioksida, dan konon yang mengeksresikan ke dalam tinja bahan tertentu yang tidak dapat larut.

Semoga Bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar