Selasa, 12 Maret 2013

Anatomi

Anatomi atau ilmu urai adalah ilmu yang mempelajari susunan tubuh dan hubungan bagian-bagian satu sama lain atau ilmu yang mempelajari makhluk hidup. Anatomi regional mempelajari letak geografis begian tubuh. Misalnya lengan, tungkai kepala, dada dan seterusnya. Fisiologi mempelajari fungsi atau kerja tubuh manusia dalam keadaan normal. Ilmu ini sangat erat kaitannya dengan pengetahuan tentang semua makhluk hidup yang tercakup dalam pelajaran biologi. Selain itu, ilmu ini juga berhubungan erat dengan tugas ahli sitologi yang mempelajari detail struktur sel, dan ahli biokimia yang berurusan dengan perubahan kimiawi dan kegiatan sel serta menyelidiki proses kimia jasad hidup yang serbakompleks. Juga berhubungan erat dengan ilmu alam, yang mempelajari reaksi  fisik dan gerakan-gerakan yang terjadi di tubuh.

Gambar sikap anatomi:

Tubuh terbentuk atas banyak jaringan dan organ yang masing-masing memiliki tugas dan fungsi khusus. Sel adalah unit atau unsur terkecil tubuh yang dimiliki semua bagian. Banyak bagian tubuh yang terletak simetris, misalnya anggota gerak mata dan telinga, paru-paru, serta ginjal. Namun banyak juga terdapat asimetris pada susunan tubuh. Limfe terletak di sebelah kiri sebagian dan sebagian kanan. Posisi anatomi adalah keadaan berdiri tegak dengan kedua lengan di sisi terbuka dan telapak tangan menghadap ke depan, kepala tegak, dan mata memandang lurus ke depan.

Tubuh dibagi dengan berbagai istilah yaitu :
Istilah internal dan eksternal digunakan untuk melukiskan jarak relatif sebuah organ atau struktur terhadap pusat rongga. Iga-iga misalnya mempunyai permukaan internal, yaitu menghadap ke dalm rongga dada, dan permukaan eksternal, yaitu menghadap ke sebelah luar.

Istilah superfisial (di permukaan) dan profunda (di dalam) digunakan untuk menunjukkan jarak relatif dai permukaan tubuh. Istilah superior dan interior menunjukkan letak relatif tinggi atau rendah.

Istilah anterior dan posterior merupakan sinonim ventral dan dostral. Istilah ini hanya digunakan untuk orang  dalam keadaan berdiri tegak atau “posisi anatomi”

Istilah proksimal dan distal dipakai untuk menunjukkan jauh-dekat, atau jarak dari sebuah titik tertentu. Misalnya falang proksimal lebih dekat pergelangan tangan daripada yang distal, yang terletak lebih jauh.

Semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar